harga dinamis

Industri perhotelan akan terus berkembang saat ini dan seterusnya seiring dengan perkembangan pariwisata domestik dan internasional di Asia Tenggara. Namun, dengan perubahan permintaan di pasar dan keadaan seperti Covid-19, menentukan harga kamar untuk memaksimalkan pendapatan selagi memastikan penawaran yang menarik untuk tamu selalu menjadi sesuatu yang sulit bagi pelaku usaha perhotelan.

Apakah Anda harus menjual kamar hotel Anda dengan harga tetap? Apakah Anda perlu melakukan penyesuaian harga berdasarkan musim? Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa apapun yang Anda putuskan, wisatawan akan memesan pada Hotel Anda? Pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu muncul kapanpun pelaku usaha perhotelan memutuskan strategi penetapan harga.

Mengingat hal tersebut, pengaturan harga kamar menjadi hal yang menantang dan karenanya penting bagi pelaku usaha perhotelan untuk dapat mengadopsi suatu metode penetapan harga yang futuristis dan menggunakan teknologi terdepan dengan informasi terkini untuk memastikan harga kamar yang terbaik setiap saat.

Untuk meningkatkan pendapatan, terdapat banyak faktor yang perlu dipikirkan—memahami pelanggan Anda, mencari tahu cara menjalankan operasional dengan baik, dan bahkan mengantisipasi masa depan. Saat ini, semakin banyak pelaku usaha perhotelan mulai bergeser menggunakan pengaturan harga dinamis yang membantu mengatur harga berdasarkan permintaan dan penawaran tanpa mengambil risiko terlalu besar untuk kehilangan pendapatan. Walaupun begitu, pengaturan harga dinamis membutuhkan lebih banyak upaya karena membutuhkan analisis data yang amat luas. Berkat teknologi berbasis kecerdasan buatan dan kecanggihan piranti lunak (software), harga yang dinamis dapat diterapkan lebih mudah dan lebih cepat. Harga dapat diatur dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas dengan mudah. Akhirnya, pelaku usaha perhotelan hanya perlu sedikit usaha dalam praktiknya. Ini hampir seperti sihir.

Pada blog ini, kami akan membahas mengenai keunggulan harga dinamis dalam industri perhotelan/penginapan dan bagaimana hal tersebut dapat membantu pengelola maupun pemilik hotel meningkatkan pendapatan mereka dibandingkan dengan strategi penetapan harga statis yang sudah ketinggalan zaman.

Apa saja yang akan dibahas dalam panduan blog ini?

Dynamic Pricing dalam industri Perhotelan/Penginapan: Apa itu dan bagaimana cara kerjanya

Biasa dikenal dengan penetapan harga berdasarkan waktu, dynamic pricing mengacu kepada penyesuaian harga kamar hotel yang selalu dilakukan berdasarkan permintaan dan penawaran. Dynamic pricing memproyeksikan harga terbaik pada waktu yang tepat untuk musim/season yang tepat dan untuk tamu yang tepat.

Dynamic pricing menggunakan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) untuk memantau target audiens, pola pemesanan mereka, durasi menginap, preferensi mereka, dan segmentasi hotel Anda untuk menarik tamu-tamu secara maksimal selagi melacak struktur harga pesaing Anda.

Harga Dinamis vs. Harga Statis

Persaingan di pasar saat ini semakin ketat dan pandemi yang menantang semua industri akan tetap ada untuk sementara waktu. Oleh sebab itu, penting untuk dapat membuat pilihan-pilihan strategis terhadap harga agar dapat meningkatkan pendapatan. Faktanya, kebanyakan jaringan hotel-hotel besar telah menggunakan strategi ini cukup lama, dan dengan berkembangnya teknologi, sistem ini sekarang ditawarkan ke hotel-hotel kecil dengan tarif yang lebih terjangkau.

Penetapan harga statis di sisi yang lain, adalah ketika sebuah hotel menjaga harga kamar dengan tarif/harga yang sama, terlepas dari kondisi permintaan dan penawaran maupun tren pasar. Strategi ini dianggap ketinggalan zaman dan berisiko karena hotel Anda tidak menggunakan strategi penetapan harga yang menyesuaikan dengan tren pasar. Akibatnya, hal tersebut dapat mengancam profitabilitas hotel Anda.

Perbedaan antara Harga Dinamis vs. Harga Statis

DYNAMIC PRICINGSTATIC PRICING
Harga fleksibel berdasarkan permintaan dan penawaranHarga tetap walaupun terdapat perubahan dalam permintaan dan penawaran
Dapat menjangkau pasar lebih luasPasar yang dijangkau terbatas 
Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan menyesuaikan harga kamar sesuai dengan permintaan terkiniPendapatan Anda hanya akan bergantung kepada volume penjualan kamar saja
Pengaturan harga kamar secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligencePengaturan harga kamar untuk setiap hari atau setiap musim/season membutuhkan banyak waktu
Berpusat pada masa depanTertinggal oleh zaman

Keunggulan-keunggulan Dynamic Pricing

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh ZEN: 

  • 90% pelaku usaha perhotelan sangat terpengaruh oleh Covid-19
  • 75% dari Hotel yang kami survei membutuhkan suatu solusi automasi yang menyediakan harga dinamis untuk hotel agar mengurangi biaya-biaya selama Covid-19.

Saat ini, bahkan lebih dari sebelumnya, adalah waktu yang tepat untuk menerapkan strategi harga yang dinamis untuk hotel Anda. Sehingga, Anda berada di jalur yang tepat untuk pemulihan usaha perhotelan/penginapan Anda. Untuk membantu Anda, berikut adalah tiga keunggulan dalam mengadopsi dynamic pricing sebagai strategi pengelolaan pendapatan untuk hotel Anda.

1. Dapat meningkatkan pendapatan hingga 30%
Dynamic pricing memungkinkan Anda untuk meningkatkan pendapatan, harga rerata harian/Average Daily Rate (ADR) dan pendapatan per ruangan/Revenue per Room (RevPAR) tergantung pada beberapa faktor, seperti harga yang kompetitif, musim/season, perkiraan permintaan, dan sebagainya. Data dari klien ZEN eManager Express mengatakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pendapatan sebesar 24% atau lebih dari USD 3.000 per hotel.

Strategi harga ini menyediakan untuk Anda harga terbaik yang seharusnya dalam penjualan kamar Anda sehingga dapat menghasilkan lebih banyak penjualan kamar terlepas dari musim/season. Tidak hanya itu, strategi ini mengamati harga pesaing untuk menyesuaikan dengan tren pasar yang berubah dalam hitungan menit.

2. Dapat mengembangkan jangkauan Anda ke audiens lebih luas
Dengan dynamic pricing dalam industri perhotelan/penginapan, Anda dapat menjangkau audiens lebih luas dengan memperbarui harga kamar secara terkini (real-time). Harga kamar Anda akan disesuaikan dengan harga yang bersedia dibayar oleh tamu-tamu Anda tergantung pada musim/season, pola dan preferensi pemesanan tamu, serta permintaan domestik dan internasional.

3. Dapat menawarkan harga yang tepat pada waktu yang tepat
Keunggulan dynamic pricing dalam industri perhotelan/penginapan adalah karena strategi ini mampu memberikan keseimbangan antara underpricing (menetapkan harga terlalu murah) dan overpricing (menetapkan harga terlalu mahal). Oleh karena itu, Anda tidak akan pernah menagih terlalu rendah dari nilai kamar-kamar Anda, ataupun menagih terlalu tinggi sehingga seluruh kamar Anda tetap tidak terjual.

Ketika permintaan sedang tinggi, dynamic pricing membantu untuk memanfaatkan kesediaan para tamu untuk membayar dengan meningkatkan harga. Di sisi lain, ketika permintaan sedang rendah, dynamic pricing akan membantu untuk meningkatkan okupansi dengan menurunkan harga sebagaimana mestinya.

Memilih Sistem Dynamic Pricing yang Tepat

dynamic pricing

Dengan begitu banyaknya sistem pengaturan harga dinamis yang tersedia untuk hotel, menemukan sistem yang tepat dan menawarkan semua yang Anda inginkan dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Dengan menggunakan ZEN eManager Express, anggaplah pekerjaan Anda selesai karena kami siap membantu untuk meningkatkan pendapatan Anda dengan harga terbaik di pasar.

Fitur-fitur ZEN eManager Express didukung oleh penetapan harga dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), pembaruan otomatis terkini (real-time), dan analisis mendalam untuk tinjauan kinerja. Hemat waktu Anda dan berhenti kehilangan uang. Percayakan aspek paling penting dari hotel Anda untuk ditangani oleh para ahli dalam industri ini. ZEN akan membantu Anda bangkit kembali dan meningkatkan pendapatan Anda. Jadwalkan janji temu Anda gratis sekarang juga: https://www.zen-hs.com/book-a-meeting/.

Yang Paling Sering Ditanyakan mengenai Dynamic Pricing dalam industri Perhotelan/Penginapan

Q: Apa yang dimaksud dengan dynamic pricing untuk hotel? 
A: Dalam industri perhotelan, dynamic pricing adalah teknik manajemen pendapatan dengan menyesuaikan harga kamar secara dinamis berdasarkan permintaan konsumen, harga pesaing, keadaan musim/seasonality, tingkat penginapan saat ini, dan faktor eksternal lainnya. Saat ini, sebagian besar penetapan harga dinamis dilakukan secara otomatis menggunakan mesin untuk menetapkan harga dengan cerdas, alih-alih menggunakan intervensi manusia. Hal ini dikarenakan penetapan harga dinamis memerlukan analisis menyeluruh dari sejumlah besar data dalam waktu yang sangat singkat.

Q: Apa contoh penetapan harga dinamis untuk hotel?
A: Satu contoh adalah ketika Anda memesan sebuah kamar hotel ketika hari raya Lebaran atau Natal, Anda akan melihat bahwa harga kamar hotel berubah menjadi lebih tinggi daripada biasanya. Hal ini disebabkan oleh hotel yang berupaya untuk memaksimalkan pendapatan selama periode adanya peningkatan permintaan yang tinggi.

Q: Apakah hotel – hotel menggunakan harga yang dinamis? 
A: Ya! Kebanyakan hotel – hotel berbintang empat dan lima telah menggunakan harga yang dinamis selama beberapa waktu. Mereka memiliki tim yang berdedikasi untuk mengelola pendapatan hotel dengan peralatan mahal dalam melakukan perkiraan permintaan dan menetapkan harga yang sesuai. Sekarang, setelah demokratisasi teknologi, ZEN mampu memberikan akses untuk kemampuan mutakhir ini kepada hotel kecil dan menengah dengan harga yang sangat terjangkau. Sekaranglah saatnya untuk mulai menerapkan harga dinamis sebelum pesaing Anda melakukannya!

Q: Apa saja keunggulan – keunggulan dari dynamic pricing? 
A: Dynamic pricing membantu hotel untuk memaksimalkan tingkat okupansi, dan juga pendapatan hotel. Strategi ini juga membantu hotel untuk menjangkau audiens lebih luas dan mencapai keseimbangan antara mengatur harga terlalu rendah (underpricing) dan mengatur harga terlalu tinggi (overpricing). Lebih lanjut lagi, dengan mesin untuk mengatur harga secara cerdas seperti ZEN eManager Express, seluruh hal ini dapat dilakukan secara otomatis, menghemat waktu dan biaya bagi hotel sehingga hotel dapat menginvestasikan sumber dayanya ke bidang yang lain.

Q: Bagaimana Saya dapat mengimplementasikan dynamic pricing untuk hotel Saya? 
A: Terdapat beberapa piranti lunak (software) yang tersedia di pasaran. Ketika memilih sistem untuk mengatur harga secara dinamis untuk hotel, Anda dapat mengandalkan ZEN eManager Express. Dengan pengalaman bertahun-tahun dan ratusan properti di seluruh Asia Tenggara, ZEN memastikan adanya peningkatan pendapatan hotel melalui ZEN eManager Express.

Jadwalkan janji temu Anda gratis sekarang juga: https://www.zen-hs.com/booka-meeting/.

en_USEnglish