A Hotelier Using Revenue Management System

Di era teknologi seperti sekarang, hanya beberapa pelaku bisnis perhotelan  yang memanfaatkan teknologi Sistem Revenue Management (RMS) untuk merespon permintaan pasar saat ini yang memungkinkan mereka untuk memaksimalkan pendapatan.

Jika Anda salah satu dari mereka yang masih belum menggunakan RMS, inilah saatnya untuk memanfaatkan teknologi terutama dengan ketidakpastian dan volatilitas pasar saat ini. Karena RMS dapat membantu pelaku bisnis perhotelan untuk merespons secara kompetitif, sehingga pada akhirnya akan memberi anda hasil yang menguntungkan dalam hal pendapatan.

Tetapi untuk memahami solusi penggunaan Revenue Management, pertama-tama kita harus mendefinisikan apa itu Revenue Management. Kami akan membahas di blog ini semua yang perlu Anda ketahui tentang Revenue Management di hotel, Yielding Management, dan RMS terbaik untuk dipilih.

Apa yang ada di dalam blog ini?

Apa itu Revenue Management?

Singkatnya, Revenue Management berarti menjual kamar yang tepat, kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan harga yang tepat, melalui saluran distribusi yang tepat, dengan efisiensi biaya terbaik. Revenue Management di Hotel memungkinkan pengambil keputusan untuk membuat pilihan berdasarkan informasi dan berdasarkan data, daripada mengandalkan insting.

Revenue Management vs Yield Management di industri perhotelan

Berbeda dengan revenue management di industri perhotelan, yield management berarti bahwa kamar hotel dapat dijual dengan harga yang berbeda, berdasarkan musim, tingkat permintaan, jumlah kamar yang sudah terjual dan berbagai faktor eksternal selain itu.

Misalnya dalam yield management, sebuah kamar hotel dapat dijual kepada dua pelanggan yang berbeda dengan harga yang sama sekali berbeda karena banyaknya variabel yang terlibat dalam proses tersebut. Dalam strategi semacam ini, harga disesuaikan untuk memaksimalkan hasil bisnis.

Yield Management adalah konsep yang mirip dengan Manajemen Pendapatan tetapi hanya berfokus pada penjualan persediaan tetap dan terbatas waktu, seperti kamar hotel.

Keuntungan penggunaan Revenue Management System

Karena revenue management di Hotel melibatkan penggunaan data kinerja dan analitik, tidak perlu dua orang untuk menggabungkan strategi ini karena dengan banyak data yang harus Anda kumpulkan, Anda perlu berinvestasi pada tenaga dan waktu untuk mendapatkan hasil yang tepat. hasil yang Anda tuju. Di sinilah RMS masuk.

Alasan utama mengapa Sistem Revenue Management penting bagi mereka yang berada di industri perhotelan, terlepas dari ukuran hotel mereka, adalah karena sistem ini memungkinkan penghitungan yang rumit dilakukan dengan cepat dan memungkinkan jenis pelacakan data pasar secara real-time yang hampir tidak mungkin untuk direplikasi secara manual. Hal ini, memungkinkan pelaku bisnis perhotelan untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai harga dan distribusi, untuk memaksimalkan pendapatan dan, karenanya, keuntungan.

Baca terus untuk mengetahui manfaat menggunakan RMS dalam manajemen hotel.

1. Memprediksi permintaan di masa depan dan meningkatkan pendapatan

Hal yang menarik mengenai sistem revenue management adalah fungsi yang mengotomatiskan penyesuaian harga Anda. Dengan membiarkan RMS mengoptimalkan dan menangani penyesuaian harga Anda secara real time, Anda dijamin akan menjual dengan harga yang paling menguntungkan setiap saat dan memaksimalkan pendapatan hotel Anda. Dengan RMS, Anda bisa mendapatkan keuntungan bahkan dari perubahan terkecil dan menarik lebih banyak pesanan dengan harga terbaik.

2. Menghemat waktu dan meningkatkan akurasi forecast

Akses ke data mengenai permintaan di masa mendatang sangat penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk dapat memperkirakan permintaan dan mendapatkan lebih banyak pemesanan sebelum kompetisi Anda. Namun, mendapatkan data sendiri (tren pasar, pola pemesanan, preferensi tamu, dll.) memakan waktu dan mengurangi produktivitas.

Wajib Dibaca: Memahami Kekuatan Data: Bagaimana Penetapan Harga Berdasarkan Data Membantu Pengusaha Hotel Pulih Lebih Kuat

Dengan mengotomatiskan strategi revenue management, Anda tidak perlu memasukkan angka dan data lainnya secara manual di spreadsheet excel. Ini membebaskan waktu para pelaku bisnis perhotelan, memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting. Dengan bantuan RMS, Anda dapat menghilangkan risiko kesalahan manusia dan membantu Anda dalam pengambilan keputusan.

Artikel terkait: Otomatisasi dalam Revenue Management Hotel: Cara Kerjanya dan Bagaimana Pengusaha Hotel Diuntungkan Darinya

3. Mengurangi jam kerja dan meningkatkan margin keuntungan

Karena otomatisasi yang disediakan RMS, jam kerja akan berkurang karena biasanya hampir tidak memerlukan aplikasi manual, memberikan ruang untuk peningkatan margin keuntungan.

Revenue Management System terbaik untuk digunakan

Ada banyak pilihan sistem RMS di pasar saat ini, itulah sebabnya, mencari tahu RMS terbaik bisa menjadi tantangan tersendiri. Dalam memilih RMS terbaik, Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan hotel Anda. Jangan terpengaruh oleh janji berlebihan dari RMS yang mengatakan dapat memperkirakan 100% pendapatan hotel Anda. Pilih yang sudah berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini, seperti ZEN eManager Express.

ZEN eManager Express menampilkan penetapan harga yang cerdas, pembaruan otomatis dalam real time, dan analitik mendalam untuk tinjauan kinerja yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Dengan ini, Anda dapat mengurangi biaya tenaga kerja sambil mendapatkan harga terbaik tanpa khawatir. Dengan menggunakan alat canggih seperti ZEN eManager Express, Anda bisa mendapatkan data yang akurat sekaligus menghemat waktu, dan ini memberi Anda hasil yang lebih akurat, membantu Anda meningkatkan pendapatan hotel.

Jadilah terdepan di industri ini. Pesan janji temu di www.zen-hs.com/book-a-meeting/.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang Revenue Management

P: Apa itu RMS?
J: Sistem Revenue Management, atau RMS secara singkat, adalah solusi perangkat lunak, yang memungkinkan Anda melakukan tugas revenue management yang penting dengan lebih efisien dan efektif. Ini akan menggunakan data dari hotel Anda sendiri, dan dari pasar pada umumnya, untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat tentang harga yang paling optimal untuk setiap jenis kamar hotel Anda

P: Apa yang dapat dilakukan oleh sistem RMS?
J: Perangkat lunak RMS dapat membantu menghitung tarif kamar yang ideal, memungkinkan penyesuaian tarif dengan cepat, memberikan proyeksi pendapatan dan laba di masa mendatang, dan menawarkan informasi tentang pesaing, memungkinkan pendekatan yang lebih strategis.

P: Apa saja keuntungan dari penggunaan RMS?
J: RMS memungkinkan pelaku bisnis perhotelan untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai harga dan distribusi, untuk memaksimalkan pendapatan dan, karenanya, keuntungan. Berikut adalah manfaat menggunakan RMS.

  1. Memprediksi permintaan di masa depan dan meningkatkan pendapatan
  2. Menghemat waktu dan meningkatkan akurasi perkiraan
  3. Mengurangi jam kerja dan meningkatkan margin keuntungan

P: Apa fitur umum dari RMS?
J: Fitur umum Sistem Revenue Management adalah:

  1. Rekomendasi harga
  2. Informasi kompetitor
  3. Data kinerja utama
  4. Estimasi pendapatan

P: Apa sistem RMS yang baik di pasaran?
J: Ada cukup banyak pilihan sistem RMS di pasar saat ini. Namun, Anda harus memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan hotel Anda. Jangan terpengaruh oleh janji berlebihan dari RMS yang mengatakan dapat memperkirakan 100% pendapatan Anda. Pilih yang sudah berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini, seperti ZEN eManager Express.

P: What is Revenue Cycle Management?
J: Revenue Cycle Management (RCM) adalah proses keuangan, memanfaatkan perangkat lunak penagihan, yang digunakan untuk mendata tamu dari pendaftaran dan penjadwalan janji temu hingga pembayaran akhir saldo

Article by: Larose Suria

Hotel Website Traffic Conversions Blog Cover
a hotelier deciding on which hotel pms to get eManager vs. eManager
hospitality industry news in asia
A traveler booking a hotel through a hotel booking engine
Workbank Users Hotel Disocunts
increasing hotel occupancy during low season