Hoteliers Leveraging Data Driven Pricing Strategy Bahasa

Ketika pandemi Covid-19 melanda, industri pariwisata sangat terdampak dan telah mengalami penurunan sejak saat itu – pendapatan yang menurun membuat para pengusaha hotel tertantang untuk dapat memperkirakan dan menetapkan harga di tengah pandemi. Oleh sebab itu, sebuah strategi penetapan harga yang tepat menjadi lebih penting dari sebelumnya. Untuk melakukannya, pengusaha perhotelan sekarang harus fokus terhadap serangkaian data yang lebih luas daripada data pada buku (on the books/OTB) dan data historis. Namun, mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis data mengharuskan pengusaha perhotelan menginvestasikan lebih banyak waktu.

Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan bagaimana Anda dapat bangkit kembali dan mencapai pertumbuhan pendapatan di tengah pandemi, izinkan kami memandu Anda terlebih dahulu mengenai pentingnya data. Karena data, merupakan akar dari kesuksesan hotel Anda.

Apa yang ada di dalam blog ini?

Mengapa Data Menjadi Penting dalam Penetapan Harga Hotel Anda

Dengan penggunaan teknologi yang lebih masif, semakin banyak pelancong (travelers) menggunakannya untuk melakukan riset sebelum berlibur dan memesan akomodasi online. Dalam dunia digital, data ada dimana – mana. Data yang digunakan ini meliputi, namun tidak terbatas mengenai seasonality, pola permintaan dalam beberapa hari terakhir, tarif hotel, harga pesaing, dan banyak lagi. Itulah mengapa pengusaha perhotelan harus membuat keputusan penetapan harga berdasarkan data. Strategi penetapan harga berdasarkan data bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan hotel dengan menggunakan data untuk menentukan sejauh mana harga yang bersedia dibayar oleh pelanggan atas setiap kamar.

Memiliki data yang baik membantu pengusaha hotel untuk :

  • Meningkatkan pendapatan mereka
  • Mengidentifikasi tren – tren
  • Meringankan upaya operasional
  • Membuat keputusan yang tepat

Singkatnya, data yang Anda kumpulkan dapat memperbaiki pengambilan keputusan Anda dalam memaksimalkan pendapatan. Dengan mengeksplorasi data, Anda dapat beradaptasi terhadap skenario terkini dan Anda juga dapat memberikan tamu – tamu Anda, apa yang mereka inginkan.

Keuntungan Memanfaatkan Data dalam Keputusan Penetapan Harga

Pada saat para pelancong/tamu (travelers) memiliki sumber pengetahuan yang terbatas, pengusaha perhotelan memiliki lebih banyak keleluasaan dalam pengambilan keputusan. Namun, dalam dunia digital, harga menjadi transparan dan pelancong/calon tamu dapat melakukan membandingkan harga. Sehingga, dalam hal penetapan harga, Anda sudah tidak bisa hanya mengandalkan intuisi saja.

Perusahaan – perusahaan yang memanfaatkan data dalam keputusan penetapan harga:

1. Mampu mengoptimalkan harga untuk memaksimalkan pendapatan

Data yang digunakan untuk strategi penetapan harga berdasarkan data (data-driven pricing strategy) ini meliputi seasonality, pola permintaan beberapa hari terakhir, harga pesaing dan lainnya. Melalui kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), sebuah software/perangkat lunak manajemen pendapatan (revenue management) mengumpulkan dan menafsirkan data yang memungkinkan Anda memahami pasar serta memberikan tarif terbaik untuk memaksimalkan pendapatan.

2. Memiliki keunggulan kompetitif

Hotel yang mengumpulkan, mengevaluasi dan mengeksekusi berdasarkan data yang relevan secara cepat akan memiliki keunggulan untuk memutuskan harga. Melalui data yang telah Anda kumpulkan, Anda dapat memanfaatkan sumber daya Anda untuk keputusan penetapan harga berdasarkan data (data-driven pricing decisions). Dengan strategi penetapan harga berbasis data ini, perubahan pola permintaan dan faktor – faktor yang lain dihitung secara otomatis dalam memberikan harga yang terbaik, membantu Anda membuat keputusan untuk menetapkan harga yang tepat. Namun, alih-alih menggunakan penetapan harga secara tradisional dan berbasis intuisi yang rentan terhadap kesalahan, pilihlah sistem manajemen pendapatan (Revenue Management System/RMS) dengan kecanggihan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang melakukan semua pekerjaan berat untuk Anda. Dengan pilihan yang tepat tersebut, Anda sudah mendapatkan keunggulan daripada pesaing Anda.

3. Miliki kontrol yang lebih besar atas penentuan posisi harga

Gunakan data untuk mengatur harga secara dinamis. Dengan data yang dikumpulkan, Anda dapat memaksimalkan pendapatan melalui strategi penetapan harga secara dinamis dimana Anda menggunakan algoritme penetapan harga (repricing) yang memungkinkan Anda menyesuaikan harga dengan perubahan kondisi pasar dan faktor lainnya. Aturan – aturan ini dapat berdasarkan atas: biaya Anda, target margin keuntungan, harga kompetitor, pola pemesanan tamu (travelers), durasi menginap, preferensi tamu, dan lainnya. Tetapi dengan begitu banyak data yang harus dikumpulkan dan dianalisis, mungkin tampak mustahil bagi seseorang untuk melakukan semuanya secara terkini (real-time). Selain itu, akan menjadi berisiko bila mengandalkan intuisi manusia saja. Strategi penetapan harga berbasis data, dengan bantuan sistem Manajemen Pendapatan/Revenue Management, dapat menghilangkan risiko kesalahan manusia dan membantu Anda untuk mengambil keputusan.

Mengapa Pengusaha Perhotelan Harus Mengadopsi Sebuah Software/Perangkat Lunak yang Cerdas untuk Pulih Lebih Cepat

Sekarang setelah perilaku pelanggan dan rentang waktu pemesanan telah berubah, pola penjualan kamar tidak akan sama lagi. Jadi, untuk dapat pulih dengan kuat, pengusaha perhotelan harus memanfaatkan data mereka, mengesampingkan data pada buku dan data historis, untuk berfokus pada data yang progresif. 

Menggunakan data yang progresif dan terkini/real-time untuk menganalisis elastisitas harga, membantu Anda untuk mengambil keputusan penetapan harga, dan memperkirakan secara akurat selama fase pemulihan. Bagaimanapun juga, melakukan hal tersebut membutuhkan banyak waktu dan sangat sulit dilakukan secara manual. Bahkan tim dengan jumlah besar pun tidak dapat menganalisis seluruh data yang ada secara cepat dan terbaru (real-time). Oleh sebab itu, pengusaha perhotelan harus mengadopsi penggunaan teknologi dan alat otomatisasi yang canggih sebagai solusi.

Dengan software (perangkat lunak) manajemen pendapatan/revenue management yang tepat seperti ZEN eManager Express, Anda dapat memanfaatkan kemampuan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang menghasilkan harga optimal jauh melampaui metode tradisional penetapan harga berbasis intuisi. Di tengah situasi Covid-19 saat ini, ZEN eManager Express tidak hanya memberikan Anda keunggulan teknologi, tetapi juga atas pesaing Anda untuk pulih lebih cepat.

Data Driven Pricing Strategy

Kini waktunya bagi Anda untuk mengambil langkah tepat menuju pemulihan atas pendapatan Anda sebelum pesaing Anda. Jadwalkan janji temu Anda sekarang juga https://www.zen-hs.com/book-a-meeting/ dan biarkan hotel Anda berkembang kembali.

Hal yang Paling Sering ditanyakan Mengenai Penetapan Harga Berdasarkan Data

Q: Apa yang Dimaksud dengan Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Data (Data-Driven) untuk Perhotelan?
A: Strategi penetapan harga berbasis data (data-driven pricing strategy) adalah sebuah strategi untuk memaksimalkan pendapatan hotel dengan menggunakan data untuk menentukan berapa harga yang bersedia dibayar oleh pelanggan ketika memesan kamar. Data yang digunakan termasuk, namun tidak terbatas pada musim, pola permintaan beberapa hari terakhir, tarif penjemputan hotel, harga kompetitor, dan masih banyak lainnya. Dengan strategi ini, hotel – hotel dapat menyesuaikan harga mereka dengan kesediaan pelanggan untuk membayar, memastikan kamar – kamar terisi dan memaksimalkan pendapatan.

Q: Bagaimana data untuk manajemen pendapatan (revenue management) berubah selama bertahun-tahun?
A: Sebelumnya, manajer pendapatan/revenue managers di seluruh dunia harus menggunakan lembar kerja Excel yang rumit untuk menyimpan dan menganalisis data dalam menentukan harga yang paling optimal. Lembar kerja tersebut sulit untuk dianalisis dan rentan terhadap kesalahan intuisi manusia ketika melakukan analisis. Bagaimanapun juga, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini tersedia banyak cara untuk menyimpan dan menganalisis data secara otomatis, menghilangkan risiko kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi analisis data.

Q: Apa pentingnya strategi penetapan harga berbasis data (data-driven pricing strategy) selama pandemi?
A: Ketika pandemi berlanjut, sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada minggu depan atau bahkan bulan depan. Intuisi manusia pastinya tidak cukup untuk memprediksi harga – harga yang tepat untuk kamar hotel Anda. Kemudian, sulit untuk mengikuti peraturan pemerintah yang selalu berubah, terutama apabila Anda memiliki properti yang terletak di wilayah atau negara yang berbeda. Dengan strategi penetapan harga berdasarkan data (data-driven pricing strategy), Anda tidak perlu khawatir karena perubahan pola permintaan dan faktor – faktor lainnya dikalkulasikan secara otomatis untuk memberikan harga yang terbaik.

Q: Bagaimana Solusi Manajemen Pendapatan (Revenue Management) Dapat Membantu Strategi Penetapan Harga Berbasis Data (Data-Driven Pricing Strategy)?

A: Dalam waktu yang sulit ini, mereka yang lebih adaptif dan cepat untuk menganalisis perubahan situasi adalah yang akan berhasil dengan baik. Langkah tepat untuk mempercepat proses penentuan strategi harga terbaik yakni dengan memanfaatkan peralatan yang mengotomasi proses – proses manual. Dengan begitu, manajer pendapatan (revenue manager) dapat lebih berfokus kepada pemasaran dan strategi – strategi komersial, menyerahkan strategi penetapan harga ke tangan otomatisasi Manajemen Pendapatan sebagai solusi (Revenue Management Solutions).

Article by: Myra Saviera

zen emanager dedicated revenue manager feature
hospitality industry news in asia
work from hotels strategies to attract remote workers
dynamic pricing feature of zen emanager
Tips Pakar untuk Memberikan Layanan Pelanggan Hotel Hebat & Ciptakan Tamu Loyal
manfaat dari tautan pemesanan gratis hotel Google