Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Booking Hotel

Pandemi jauh dari kata selesai dan ide untuk berpergian ke luar negeri belum bisa dipertimbangkan, namun perjalanan domestik diperkirakan meningkat selama pandemi. Nyatanya, survei Agoda GoLocal menemukan bahwa 65% wisatawan ingin melakukan perjalanan domestik dalam 12 bulan ke depan, sementara 35% diantaranya  ingin melakukan perjalanan internasional.

Jadi, mereka yang memiliki keinginan untuk bepergian memuaskan diri dengan liburan singkat di dalam atau sekitar tempat tinggal mereka. Oleh sebab itu, kebanyakan hotel mulai menggeser fokus mereka ke wisatawan domestik, membuat terminologi “staycation” lebih populer.

Dalam blog ini, kita akan mendiskusikan bagaimana staycation dapat membantu pemilik bisnis perhotelan meningkatkan pendapatan, dan kami akan memberikan Anda beberapa ide pemasaran staycation di hotel yang bisa Anda gunakan.

5 Ide Pemasaran Staycation Terbaik untuk Hotel Anda

  1. Analisis permintaan pasar
  2. Tawarkan pengalaman yang diinginkan wisatawan domestik
  3. Bermitra dengan Agen Perjalanan Online (Online Travel Agencies/OTAs)
  4. Memaksimalkan keberadaan online/online presence Anda
  5. Mempromosikan staycation Anda secara aktif di media sosial

Apa saja yang ada dalam blog ini?

Memahami Dampak dan Keuntungan Staycation 

Sebelum kami memberitahukan Anda strategi pemasaran hotel yang paling efektif, Anda harus terlebih dahulu paham apa yang dimaksud dengan staycation sehingga Anda dapat merencanakan penawaran dan penjualan staycation dan memasarkan dengan strategi yang tepat.

Menurut definisi kamus Oxford, staycation adalah liburan yang dihabiskan di dalam negeri daripada di luar negeri, atau liburan yang dihabiskan di rumah dan melibatkan perjalanan satu hari ke objek wisata lokal.

Perlu dibaca: Domestic Leisure Travel: The Next Hotel Segment To Recover In The “New Normal”

Jadi, mengapa staycation menjadi sangat populer sekarang? Jawaban singkatnya adalah, staycation merupakan hal terdekat yang bisa dilakukan wisatawan untuk memuaskan keinginan berkelana di tengah situasi pandemi. Karena lockdown yang diberlakukan dan diberhentikan di seluruh dunia, memesan perjalanan internasional saat ini mungkin bukanlah ide yang bagus karena kebanyakan negara menutup perjalanan wisata rekreasi. Karenanya, volume pencarian dan keinginan untuk staycation meningkat, membuat suatu tren perjalanan yang baru dalam situasi ‘new normal’.

Dan apabila Anda menggunakan tren ini dengan tepat, pastinya hotel Anda akan meraup keuntungan dari staycation dan karenanya, pendapatan Anda meningkat.

Strategi Pemasaran Staycation Terbaik untuk Hotel dan Resort

Dengan situasi seperti sekarang ini, staycation adalah cara untuk menjaga bisnis hotel tetap bertahan. Seperti yang dikatakan oleh kebanyakan orang, staycation adalah jalur kehidupan untuk industri pariwisata. Sehingga penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk menggunakan strategi – strategi yang tepat dalam memenangkan tren baru ini. Kami telah merangkum empat ide pemasaran staycation yang efektif yang harus Anda ikuti untuk meraup keuntungan dari tren ini.

1. Analisis permintaan pasar

Sekarang pasar global telah berbicara mengenai ide staycation, waktunya untuk menilai permintaan pasar pada AREA ANDA. Penting untuk dapat menganalisis permintaan di area Anda karena yang mungkin memesan hotel Anda adalah wisatawan pada zona Anda. Dengan menilai permintaan pasar, Anda dapat terbantu untuk membuat sebuah penawaran yang tidak akan bisa ditolak tamu. Apa gunanya survei global lainnya ketika tidak ada minat sesungguhnya dalam target pasar Anda.

2. Tawarkan pengalaman yang diinginkan wisatawan domestik

Menginap di sebuah hotel tidak hanya mengenai kamarnya saja, namun juga pengalaman secara keseluruhan untuk membuat staycation berkesan bagi wisatawan. Salah satu yang dapat membuat para tamu Anda senang adalah dengan memenuhi keinginan mereka. 

Untuk mencapai hal ini, buatlah sebuah pengalaman yang disesuaikan dengan permintaan pada area Anda. Apapun penawaran yang Anda pilih untuk lakukan, pikirkan mengenai: Apa yang diinginkan sasaran pasar Anda saat ini. Apakah mereka menginginkan lingkungan yang tidak terlalu ramai? Apakah mereka melakukan perjalanan untuk menghilangkan stres? Apakah mereka menginginkan destinasi outdoor atau yang berfokus pada alam? Apakah mereka bepergian dengan keluarga? Atau apakah mereka mencari sebuah hotel yang dimana mereka dapat bekerja remote? 

Ada berbagai jenis staycation dan memahami pasar Anda dengan cermat akan membantu Anda menyediakan pengalaman yang sesuai. Untuk mempermudah, Anda juga dapat melakukan polling kepada tamu Anda sendiri untuk mendapatkan lebih banyak wawasan.

3. Bermitra dengan Agen Perjalanan Online (Online Travel Agencies/OTAs)

Agen perjalanan online (OTA) dapat menjadi sebuah sumber pendapatan yang utama, sehingga bermitra dengan mereka dapat menjadi kemenangan besar untuk hotel anda. Mereka sadar akan pentingnya pariwisata domestik oleh sebab itu OTA secara aktif telah mempromosikan perjalanan domestik. Sangat disayangkan apabila Anda tidak mengikuti campaign yang digencarkan OTA (karena ini adalah penawaran gratis). OTA – OTA akan mempromosikan hotel Anda, atau bahkan menampilkan hotel Anda pada kampanye iklan mereka apabila hotel Anda cukup baik. Selagi OTA memiliki anggaran yang besar mendukung mereka, iklan mereka ditargetkan dengan serius dan efektif, membawa banyak perhatian ke hotel Anda jika hotel Anda bergabung dengan kampanye ini. Contohnya, Agoda meluncurkan Agoda GoLocal dan Booking.com secara aktif mempromosikan tarif domestik. Anda juga dapat mengirimkan email penawaran kepada tamu setia Anda. 

Artikel yang terkait: 5 No-Fail Tips to Increase Your OTA Rankings For Maximizing Revenues

4. Memaksimalkan keberadaan online/online presence Anda

Di zaman sekarang ini, semuanya serba digital dan banyak orang kebanyakan menggunakan ponsel atau komputer mereka hampir 24/7. Itulah mengapa memaksimalkan kehadiran online sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Media sosial adalah alat pemasaran hotel yang sangat diperlukan karena memberikan hotel kesempatan untuk membangun hubungan dengan tamu dan memperkuat reputasi hotel secara online. Media sosial dapat mendukung pengambilan keputusan selagi para tamu mulai merencanakan perjalanan mereka menggunakan mesin pencarian, melihat inspirasi perjalanan di media sosial dan juga membaca ulasan online. Tentu saja hanya karena Anda ada di media sosial tidak berarti secara otomatis Anda langsung mendapatkan booking. Terdapat banyak faktor yang akan membantu Anda memenangkan netizen seperti membuat konten visual yang cantik karena gambar dan video akan membuat para tamu ingin merasakan apa yang dapat mereka alami di hotel Anda.

Atur kehadiran online Anda sesuai dengan pengalaman staycation yang telah Anda pilih untuk ditawarkan kepada tamu – tamu Anda. Pastikan bahwa konten dan foto yang ditampilkan online adalah yang terbaru. Ketika Anda mempromosikan pemandangan alami di Hotel, Anda harus menunjukkan pemandangan panoramik sekeliling hotel Anda sehingga tamu potensial dapat merasakan suasana yang membuat mereka ingin menginap di hotel Anda.

Ketika mempromosikan pengaturan work-from-hotel (kerja dari Hotel), pastikan Anda menulis pada deskripsi dengan jelas bahwa seluruh fasilitas hotel telah disiapkan untuk kerja remote.

5. Mempromosikan staycation Anda secara aktif di media sosial

Anda juga harus selalu aktif memposting pada saluran media sosial Anda. Jangan biarkan konten yang luar biasa dibuang percuma karena hanya ada di folder komputer atau handphone. Tunjukkan dengan dunia dan biarkan area sekitar mengetahui ada pengalaman yang menakjubkan di hotel Anda menunggu mereka. Anda juga dapat bekerja sama dengan bloggers atau influencers di area lokal untuk menjangkau lebih banyak orang (lebih banyak eksposur).

Pada akhirnya, sebagai pemilik hotel, bertahan di masa pandemi seperti ini adalah tujuan utama. Dengan strategi – strategi ini, tidak hanya Anda dapat menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya – biaya, bahkan Anda mungkin saja bisa meraup pendapatan tambahan untuk menumbuhkan hotel Anda lebih jauh lagi. 

Bagaimana caranya menjamin pendapatan bisa dioptimalisasi? Anda harus memastikan bahwa harga untuk pengalaman yang dipilih secara khusus seperti yang telah dibahas, sesuai dengan kesediaan tamu untuk membayar. ZEN eManager Express akan membantu Anda mencapai hal tersebut karena menggunakan data permintaan dan proyeksi masa depan untuk memprediksi kemampuan tamu dalam membayar akomodasi di hotel Anda. Dengan eManager Express, dapat dipastikan bahwa kamar – kamar hotel Anda ada pada harga yang optimal dan pendapatan anda dimaksimalkan. 

Jadwalkan pertemuan gratis Anda sekarang pada: www.zen-hs.com/book-a-meeting/.

Paling Sering Ditanyakan Mengenai Strategi Pemasaran pada Industri Perhotelan

P: Apa yang dimaksud staycation dan seperti apa tren saat ini? 
J: Staycation adalah liburan yang dihabiskan liburan yang dihabiskan di negara asal seseorang daripada di luar negeri, dengan perjalanan ke atraksi lokal. Saat pandemi membayangi, staycation masih populer di kalangan wisatawan. Survei Agoda menyatakan bahwa lebih dari 65% orang tertarik melakukan staycation. Sebuah laporan dari berita Indonesia juga mengatakan bahwa popularitas staycation masih meningkat tahun ini.

P: Apa saja ide – ide untuk memasarkan staycation pada hotel Saya?
J: Anda harus memilih pengalaman yang paling tepat untuk sasaran pasar (target market) Anda. Tidak semua orang melakukan staycation karena ingin bepergian dengan keluarga atau dalam liburan romantis. Namun bisa juga perjalanan ke alam, pengaturan bekerja dari hotel (work-from-hotel), atau bahkan hanya berlibur untuk relaksasi. Pahami market Anda dengan baik, pilih pengalaman yang terbaik, dan kemudian jangan lupa untuk memasarkannya. Post foto – foto pengalaman, lakukan penawaran, dan mengikutkan kampanye agen perjalanan online/Online Travel Agent (OTA) yang mempromosikan penginapan lokal.

P: Apakah OTA – OTA juga sadar akan pentingnya staycations?
J: Ya! Kebanyakan OTA – OTA besar telah mempromosikan staycation dan perjalanan domestik sejak pandemi dimulai. Contohnya, Agoda memiliki Agoda GoLocal yang dimana memberikan diskon untuk wisatawan domestik dan Booking.com juga mempromosikan dengan gencar mengenai perjalanan domestik. Expedia, Traveloka, dan OTA lain juga memiliki program – program tersendiri. Sangat penting untuk bergabung dengan program dan kampanye ini karena satu hal: penawaran secara gratis. OTA akan mempromosikan atau bahkan menampilkan hotel Anda dalam kampanye iklan mereka jika hotel Anda cukup bagus. Karena OTA – OTA tersebut memiliki anggaran besar di belakang mereka, iklan mereka benar-benar ditargetkan dan efektif, membawa banyak perhatian ke hotel Anda jika hotel Anda bergabung dalam kampanye ini.

P: Bagaimana saya bisa memastikan bahwa staycation akan membawa pendapatan ke hotel saya?
J: Selain secara aktif mempromosikan staycation, menjadi penting untuk memastikan bahwa harga menginap ditetapkan dengan sesuai. Menawarkan dengan harga terlalu rendah akan membawa kerugian, selagi memberikan harga terlalu tinggi akan menghalangi calon tamu memesan kamar hotel Anda. Harga yang optimal sulit untuk dibuat, namun dengan ZEN eManager Express, hal itu menjadi mudah. Dengan teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence, ZEN eManager Express memastikan bahwa harga yang direkomendasikan cocok dengan kesediaan tamu untuk membayar. Dengan begini, Anda dapat memastikan tamu – tamu Anda mendapatkan pengalaman terbaik dengan harga yang dapat diterima, pada saat yang sama membawa lebih banyak uang untuk hotel Anda.

Article by: Myra Saviera

Hotel Website Traffic Conversions Blog Cover
a hotelier deciding on which hotel pms to get eManager vs. eManager
hospitality industry news in asia
A traveler booking a hotel through a hotel booking engine
Workbank Users Hotel Disocunts
increasing hotel occupancy during low season